Jenjang Karir seorang Pilot

Siapa yang tak ingin menjadi seorang pilot. Sebagian besar orang bercita-cita menjadi pilot karena bisa keliling dunia secara gratis. Namun, untuk mencapai impian tersebut tidaklah mudah, selain harus memiliki kesehatan yang baik, seperti tidak buta warna, berkaca mata, jantungan, darah tinggi, amandel, paru-paru basah, dan lain sebagainya, juga harus mempunyai bentuk tubuh yang proporsional. Di samping itu, kemampuan dalam berbahasa Inggris juga sangat diprioritaskan. Tak heran bila dari ratusan bahkan ribuan orang yang mendaftar hanya secuil yang diterima.

Menempuh pendidikan di sekolah pilot relatif berbeda dengan melakoni pendidikan di perguruan tinggi lainnya, entah sebagai spesialis atau umum. Sekolah pilot umumnya bisa ditempuh dalam waktu 1 tahun, bahkan ada yang mencapai 11 bulan bila keahlian dan kemampuan dalam menerbangkan pesawat sudah maksimal. Tentu saja, seorang pilot dengan cepat bisa mengganti biaya selama menjadi kandidat di sekolah pilot.

menjadi-pilotProfesi seorang pilot merupakan salah satu profesi yang penghasilannya terbesar di dunia. Benarkah? Pilot memiliki penghasilan puluhan juta rupiah dalam setiap bulannya sehingga dalam 1 tahun bisa mencapai ratusan juta rupiah. Akan tetapi, besarnya gaji seorang pilot juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya jenjang karir atau jabatan pilot. Seperti halnya profesi lain, semakin tinggi jabatan yang didapat maka akan semakin besar pula penghasilan yang bakal diperoleh. Untuk mengetahui jenjang karir seorang pilot lebih dekat, Anda bisa simak uraian berikut ini:

Second Officer

Jenjang karir pertama yang ditekuni seorang pilot sehabis menjalani pendidikan ialah sebagai Second Officer atau biasa disingkat dengan SO. Dalam hal ini, SO baru diperbolehkan menerbangkan pesawat yang berdimensi kecil dengan kapasitas tidak lebih dari 30 penumpang. Penerbangan seorang Second Officer juga masih didampingi oleh seorang captain supaya aman. Meskipun demikian, penghasilan yang diperoleh bisa mencapai 15-20 juta rupiah per bulan.

Agar bisa naik pangkat menjadi First Officer atau Co-Pilot, Second Officer mesti mengambil lisensi ATPL dan ME. Lisenti ATPL merupakan sertifikat pelatihan yang harus didapat oleh seorang SO untuk naik jabatan. Namun, untuk mendapatkan sertifikat itu sendiri SO harus terlebih dahulu mendapat kan sertifikat kesehatan kelas pertama dan telah memiliki 1500 jam terbang. Sementara ME (Multi Engine) ialah lisensi rating yang digunakan untuk melengkapi sertifikat ATPL.

First Officer

Jenjang karir yang kedua yakni First Officer ialah berkedudukan sebagai wakil kapten, di mana tugasnya ialah mengawal kapten melakukan penerbangan. Terang saja kemampuan sebagai FO juga harus mumpuni sama seperti kapten agar bisa mengatasi penerbangan dengan baik. Dengan kata lain, ketika kapten pilot mengalami masalah dalam penerbangan, maka Co-Pilot harus menggantikan posisi pilot. Tak heran bila penghasilan sebagai Co-Pilot hampir mendekati kapten yakni sekitar 30-40 juta rupiah per bulan.

Captain Pilot

Jenjang karir profesi pilot yang paling tertinggi ialah captain pilot (kapten pilot). Kapten pilot memiliki penghasilan sekiat 47 juta rupiah per bulan. Namun tugasnnya juga berat, di mana dia bertanggungjawab penuh atas penerbangan yang dilakukan. Dapat dikatakan, keselamatan penumpang juga berada di tangannya. Penghasilan kapten yang paling maksimal yakni 70 juta rupiah per bulan lambat laun akan terwujud apabila mampu menjadi penerbang yang handal.

Profesi sebagai seorang pilot memang tidak mudah untuk dicapai di mana harus memiliki kualifikasi yang luar biasa. Nah, jika Anda berminat untuk menjadi seorang pilot persiapkan diri dengan matang agar bisa menjadi salah satu kandidat yang terpilih dari banyaknya calon pendaftar.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *