Monthly Archives: September 2015

Jenjang Karir seorang Pilot

Siapa yang tak ingin menjadi seorang pilot. Sebagian besar orang bercita-cita menjadi pilot karena bisa keliling dunia secara gratis. Namun, untuk mencapai impian tersebut tidaklah mudah, selain harus memiliki kesehatan yang baik, seperti tidak buta warna, berkaca mata, jantungan, darah tinggi, amandel, paru-paru basah, dan lain sebagainya, juga harus mempunyai bentuk tubuh yang proporsional. Di samping itu, kemampuan dalam berbahasa Inggris juga sangat diprioritaskan. Tak heran bila dari ratusan bahkan ribuan orang yang mendaftar hanya secuil yang diterima.

Menempuh pendidikan di sekolah pilot relatif berbeda dengan melakoni pendidikan di perguruan tinggi lainnya, entah sebagai spesialis atau umum. Sekolah pilot umumnya bisa ditempuh dalam waktu 1 tahun, bahkan ada yang mencapai 11 bulan bila keahlian dan kemampuan dalam menerbangkan pesawat sudah maksimal. Tentu saja, seorang pilot dengan cepat bisa mengganti biaya selama menjadi kandidat di sekolah pilot.

menjadi-pilotProfesi seorang pilot merupakan salah satu profesi yang penghasilannya terbesar di dunia. Benarkah? Pilot memiliki penghasilan puluhan juta rupiah dalam setiap bulannya sehingga dalam 1 tahun bisa mencapai ratusan juta rupiah. Akan tetapi, besarnya gaji seorang pilot juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya jenjang karir atau jabatan pilot. Seperti halnya profesi lain, semakin tinggi jabatan yang didapat maka akan semakin besar pula penghasilan yang bakal diperoleh. Untuk mengetahui jenjang karir seorang pilot lebih dekat, Anda bisa simak uraian berikut ini:

Second Officer

Jenjang karir pertama yang ditekuni seorang pilot sehabis menjalani pendidikan ialah sebagai Second Officer atau biasa disingkat dengan SO. Dalam hal ini, SO baru diperbolehkan menerbangkan pesawat yang berdimensi kecil dengan kapasitas tidak lebih dari 30 penumpang. Penerbangan seorang Second Officer juga masih didampingi oleh seorang captain supaya aman. Meskipun demikian, penghasilan yang diperoleh bisa mencapai 15-20 juta rupiah per bulan.

Agar bisa naik pangkat menjadi First Officer atau Co-Pilot, Second Officer mesti mengambil lisensi ATPL dan ME. Lisenti ATPL merupakan sertifikat pelatihan yang harus didapat oleh seorang SO untuk naik jabatan. Namun, untuk mendapatkan sertifikat itu sendiri SO harus terlebih dahulu mendapat kan sertifikat kesehatan kelas pertama dan telah memiliki 1500 jam terbang. Sementara ME (Multi Engine) ialah lisensi rating yang digunakan untuk melengkapi sertifikat ATPL.

First Officer

Jenjang karir yang kedua yakni First Officer ialah berkedudukan sebagai wakil kapten, di mana tugasnya ialah mengawal kapten melakukan penerbangan. Terang saja kemampuan sebagai FO juga harus mumpuni sama seperti kapten agar bisa mengatasi penerbangan dengan baik. Dengan kata lain, ketika kapten pilot mengalami masalah dalam penerbangan, maka Co-Pilot harus menggantikan posisi pilot. Tak heran bila penghasilan sebagai Co-Pilot hampir mendekati kapten yakni sekitar 30-40 juta rupiah per bulan.

Captain Pilot

Jenjang karir profesi pilot yang paling tertinggi ialah captain pilot (kapten pilot). Kapten pilot memiliki penghasilan sekiat 47 juta rupiah per bulan. Namun tugasnnya juga berat, di mana dia bertanggungjawab penuh atas penerbangan yang dilakukan. Dapat dikatakan, keselamatan penumpang juga berada di tangannya. Penghasilan kapten yang paling maksimal yakni 70 juta rupiah per bulan lambat laun akan terwujud apabila mampu menjadi penerbang yang handal.

Profesi sebagai seorang pilot memang tidak mudah untuk dicapai di mana harus memiliki kualifikasi yang luar biasa. Nah, jika Anda berminat untuk menjadi seorang pilot persiapkan diri dengan matang agar bisa menjadi salah satu kandidat yang terpilih dari banyaknya calon pendaftar.

 

 

Tips on Choosing the Right Philippines Pilot School

Flight-SchoolThe need for energy in the country pilot making schools increasingly operational pilot to print the candidates become pilots reliable. Such as flying school Philippines who became the target of a lot of people because it is believed to be able to print professional aviator. However, not all pilot schools in the Philippines promises such case, of course there are some who still has shortcomings.

By the way, if you become one of those pilots who want to go to school? If so, make sure you choose the right pilot school to be educated well and managed to become a reliable pilot as expected. Please you apply the following tips:

Pay attention to costs

In general, pilot school fees are relatively large, more or less reached 50 Dollars, or about 650 million Indonesian Rupiah. However, there are also a number of pilot schools that offer expenses reasonably priced. In fact, the cost of food, shelter, education, everything is included in the fee. Therefore, be careful with the pilot schools that offer a low cost, it is not likely you will be charged more when undergoing education. Remember, short duration of education into one big chance to reach its full potential careers, including in the aviation world. Remember, short duration of education became one of the great opportunities for career and pilot salary increase to the maximum.

Check the airport is there to fly

One characteristic rather than a qualified pilot school is to choose the airport train itself. Train service which is the only place to hone science training course to be crucial for the candidates in applying the theory or practice that has been transferred by the instructor. So, with the airport’s own train the candidates can perform optimally and regular training schedule.

You need to know, if the school is no airport train pilots likely it could hamper pilot graduation. Because the candidates have to wait for the right time for a training flight where commercial aircraft are not doing the departure. Therefore, check the airport to fly first into one of the things that also need to be done before deciding on pilot school.

Know instructors and flight number

A large number of instructors and aircraft available is also noteworthy in selecting pilot schools. Many professional instructors and will allow the candidates to acquire the theory and training well. Likewise the number of aircraft, if adequate would be very supportive of the candidates for flight training schedule. Conversely, if the number of instructors minimal and little plane, it is not possible will the candidates will lack sufficient knowledge and ability when applying at the airline. That is why the instructors and the number of aircraft also should not be underestimated.

For consultation pilot schools in the Philippines, you can visit this Fan Page.

After reading the above description, of course you’ve got an idea of how schools and non-qualified pilots. Well, so you can pass and be accepted in the pilot schools as you want, be sure to prepare everything carefully, ranging from academic knowledge to physical health. You can take a course to hone skills in English and conduct medical check-up to ensure good health.

Menjadi Instruktur Penerbangan

sekolah pilot 2Instruktur penerbangan merupakan salah satu profesi yang difavoritkan oleh sebagian besar orang. Selain mendapatkan gaji yang bisa menyentuh angka 15 juta rupiah atau bahkan lebih per bulannya, instruktur pilot juga bisa membantu perkembangan dan kemajuan dunia kedirgantaraan nasional dengan menciptakan lulusan-lulusan sekolah pilot yang berkualitas dan dapat bersaing dengan lulusan lainnya. Di samping itu juga, ada banyak intrusktur pilot yang masih bisa bekerja di tempat lain guna menambah penghasilan mereka. Hal ini disebabkan karena jam mengajar atau jam pelatihan mereka cukup fleksibel.

Apakah Anda tertarik untuk menjadi instruktur penerbangan? Jika iya, ada baiknya untuk mengikuti tips di bawah ini:

Miliki PPL, CPL, dan IR

Sebelum memiliki lisensi-lisensi ini, ada baiknya untuk tahu dulu apa itu PPL, CPL, dan IR. PPL (Private Pilot License) adalah lisensi pertama yang bisa Anda dapatkan dari sekolah penerbangan setelah Anda memiliki setidaknya 60 jam terbang. CPL (Commercial Pilot License) adalah lisensi yang akan Anda dapatkan setelah memiliki 200 jam terbang. IR (Instrument Rating) adalah lisensi terakhir yang harus didapatkan. Lisensi ini berguna untuk memastikan bahwa Anda bisa menerbangkan pesawat dalam kondisi buruk. Hanya butuh tambahan 20 jam terbang untuk mendapatkan lisensi ini setelah mendapatkan CPL.

Jika Anda sudah memiliki PPL, Anda sudah boleh menerbangan helikopter dan pesawat jet untuk tujuan pribadi pada siang hari. Sementara itu, jika sudah punya CPL, Anda sudah bisa menerbangkan pesawat komersial dan bisa mendapatkan gaji. Namun, jam terbang Anda masih terbatas sebelum Anda mendapatkan IR. Nah, kalo sudah punya IR, Anda boleh menerbangkan pesawat komersil baik siang atau pun malam hari. Sangat diharapkan untuk mendapatkan lisensi-lisensi ini dari sekolah pilot berkualitas guna mendapatkan jam terbang yang berkualitas pula. Maksudnya adalah jam terbang Anda tidak banyak digunakan untuk menunggu antrian menerbangkan pesawat. Apabila hal ini terjadi, Anda akan rugi sendiri karena pengalaman terbang menjadi sedikit.

Miliki setidaknya 250 jam terbang

sekolah pilot 1Salah satu tujuan memiliki 250 jam terbang adalah untuk mematangkan kemampuan menerbangkan pesawat. Bayangkan bagaimana jadinya jika Anda minim jam terbang dan harus mengajari para siswa sekolah pilot. Sudah dapat dipastikan, Anda tidak akan bisa mengajar secara maksimal karena masih kurang berpengalaman. Semakin tinggi jam terbang yang dimiliki, maka semakin banyak pengalaman yang bisa didapatkan. Hal ini sangat berguna untuk menunjang kinerja Anda selama bekerja sebagai instruktur pilot nantinya.

Daftarkan diri ke sekolah pilot terpercaya

Di Indonesia sendiri, ada setidaknya 10 sekolah pilot yang bisa Anda jadikan tempat untuk melamar pekerjaan ini. Ada Aero Flyer Institute, Proflight Pilot School, Dirgantara Pilot School, Nusa Flying International, Bali International Flight Academy, Deraya Flying School, Bandung Pilot Academy, Alfa Flying School, dan ATKP Surabaya. Tinggal pilih mana sekolah penerbangan yang cocok dan baik untuk Anda. Pastikan setelah mengajukan surat lamaran, Anda mengikuti semua prosedur yang ada mulai dari mengikuti serangkaian tes tertulis sampai tes wawancara dan praktek menerbangkan pesawat atau menggunakan simulator.

Pentingnya Demo Keselamatan Penerbangan

demo keselamatan penerbanganBagaimana pengalaman naik pesawat Anda? Hal apa atau momen apa yang paling Anda ingat? Jawabannya mungkin berbeda-beda. Ada yang mengatakan tentang telinga berdengung dan kepala sakit selama lepas landas dan pendaratan. Ada pula yang mengingat dengan seksama makanan di pesawat. Beberapa orang lainnya setuju kalau yang paling impressive itu pemandangan dari ketinggian yang mereka lihat melalui jendela. Well, tentu Anda tidak melupakan bagian di mana pramugari atau pramugara melakukan demo keselamatan penerbangan.

Di dunia penerbangan, keselamatan itu nomor satu. Terlebih di dunia penerbangan komersial, tak hanya keselamatan pesawat dan pekerja di dalamnya, tetapi juga banyak penumpang di dalamnya. Nah, demo keselamatan penerbangan merupakan salah satu approach untuk memastikan keselamatan penumpang pesawat. Mengapa itu sedemikian penting? Simak tujuan dilakukannya demo keselamatan penerbangan berikut ini:

Mengenalkan perlengkapan keselamatan di pesawat

Di pesawat terbang, terdapat sejumlah peralatan untuk keselamatan selama penerbangan. Tentu saja tidak semua penumpang langsung mengetahuinya tanpa adanya demo keselamatan penerbangan (apalagi bagi mereka yang baru pertama kali naik pesawat). Adapun peralatan keselamatan di pesawat mencakup sabuk pengaman, rakit, pintu exit, dan masker oksigen.

Pada umumnya, ada semacam selebaran atau buku panduan di tempat duduk masing-masing penumpang untuk informasi lebih jelas seputar perlengkapan keselamatan tersebut.

Memberitahu penumpang tentang cara-cara penyelamatan diri

Pramugara dan pramugari tidak hanya mengenalkan alat keselamatan selama penerbangan, melainkan juga memperagakan cara-cara penyelamatan diri ketika hal-hal buruk terjadi. Pasalnya, pesawat belum tentu langsung bisa mendarat darurat, jadi setiap penumpang harus siap siaga setidaknya untuk menyelamatkan diri mereka masing-masing.

Cara penyelamatan diri yang paling umum adalah keluar melalui pintu exit. Tentu sebelum keluar, penumpang sudah harus mengenakan baju pelampung atau balon udara (jika ada) saat pesawat hendak jatuh. Di demo keselamatan penerbangan, Anda juga akan diinstruksikan untuk tidak panik, tetap mendengar instruksi dari kru kabin.

Mengingatkan pada kedisiplinan selama penerbangan

Demo keselamatan penerbangan tidak sekedar berbicara tentang keselamatan melainkan juga kedisiplinan yang harus diterapkan oleh semua penumpang. Kedisiplinan selama penerbangan ini penting dijaga lagi lagi demi keselamatan dan juga kelancaran proses penerbangan. Di samping itu, apabila setiap penumpang disiplin, kenyamanan penumpang lainnya akan terjaga.

Intinya, setiap penumpang diharuskan untuk mematuhi peraturan-peraturan yang ada. Ngomong-ngomong, apa saja ya peraturannya? Dilarang menghidupkan dan memainkan handphone karena sinyalnya akan mengganggu navigasi. Selain itu, penumpang juga hendaknya memakain safety belt dengan baik dan benar. Menaikan sandaran dan menutup jendela juga harus diterapkan. Well, apa ada lagi yang Anda ketahui?

Nah, itu dia beberapa alasan mengapa memperhatikan demo keselamatan penerbangan itu sangat penting. Kelihatannya sepele namun wajib diterapkan!